Ditulis pada tanggal 31 Oktober 2012, oleh admin, pada kategori Pengabdian

Pada bulan Nopember 2012, akan dilaku kan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat yaitu: Temperature Controlled Bioreactor: solusi permasalahan kotoran kambing etawa untuk komposting di Kelompok Masyarakat (POKMAS) Kaliandra Desa Poncokusumo Kabupaten Malang.  Kegiatan ini di pimpin oleh Yusron Sugiarto, dan dibantu oleh Dewi Maya Maharani, Shinta Rosalia Dewi, Rini Yulianingsih dan Bapak Nur Komar.

Kegiata ini dilakukan karena adanya permasalahan yang di hadapi oleh peternak kambing etawa di poncokusumo, dimana dengan adanya peningkatan peternakan kambing etawa menyebabkan masalah baru yaitu banyaknya kotoran kambing dengan bau tidak sedap yang mengganggu lingkungan. Kotoran kambing etawa mengandung berbagai macam mikroba, diantaranya adalah protozoa, fungi, bakteri, dan virus. Mikroba tersebut berpotensi menyebabkan penyakit pada manusia.

Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah kotoran kambing etawa adalah dengan pengomposan. Proses pengomposan dapat dikategorikan sebagai proses fermentasi. Proses penguraian dioptimalkan sedemikian rupa sehingga pengomposan dapat berjalan dengan lebih cepat dan efisien. Teknologi pengomposan saat ini menjadi sangat penting terutama untuk mengatasi permasalahan kotoran kambing etawa di desa Poncokusumo Kabupaten Malang. Salah satu upaya untuk mempercepat proses pengomposan adalah dengan menjaga kestabilan suhu optimum dengan menambahkan berbagai starter dalam proses pengomposan. Pengontrolan suhu pengomposan dilakukan di dalam bioreaktor (Temperature Controlled Bioreactor). Dengan menggunakan Temperature Controlled Bioreactor (TCB) diharapkan peternak bisa membuat kompos dalam waktu yang lebih singkat sehingga kompos yang dibuat bisa segera digunakan.