Ditulis pada tanggal 22 September 2014, oleh admin, pada kategori Lain-lain

CIMG8209 P1010763

 

Pelatihan pembuatan pakan ternak merupakan kerjasama antara Pusat Diseminasi dan Kemitraan Badan Tenaga Nuklir Nasional (PDK-BATAN) dan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP- UNIBRAW). Diselenggarakan di Laboratorium Teknik Pengolahan dan Prosesing Hasil Pertanian (TPPHP) Jurusan Keteknikan Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian. Kegiatan yang mengusung tema Pelatihan Teknolohi Bioproses Fermentasi Jerami Sebagai Pakan Ternak Ruminansia yang Ramah Lingkungan dengan Mikrostar LA2. mengundang pelatih yang langsung dari BATAN yakni Ir. Firsoni, MP pakar Pakan Ternak. Dimulai pukul 10.00 acara ini diikuti oleh 46 peserta yang terdiri dari peternak, petani, penyuluh pertanian lapang (PPL), Badan Ketahanan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) yang berada di wilayah kabupaten Malang dan mahasiswa. Pelatihan ini bertujuan mengenalkan pakan ternak yang memiliki nurtrisi yang lebih kaya dibandingkan dengan pakan ternak sebelumnya. Dengan teknologi fermentasi dan bantuan mikrostar LA2 yang merupakan campuran fermentasi hasil penelitian dari BATAN, mampu menghasilkan pakan ternak yang bernutrisi.

Kegiatan ini diawali dengan pemberian materi pelatihan oleh Bapak Firsoni, beberapa peternak dan petani antuias untuk segera menerapkan di daerahnya. Dilanjutkan acara praktek yang dilaksanakan pada lokasi yang sama. Dengan menggunakan bahan yang sudah disediakan diantaranya bahan utama jerami padi, urea, mikrostar LA2, sekam dan tetes tebu. Seluruh bahan dicampur sesuai dengan takaran, kemudian adonan ditunggu seminggu untuk difermentasi, sehingga kandungan seratnya lebih kaya. Selanjutnya adonan siap untuk di jadikan pakan ternak.

Acara ini diakhiri dengan diskusi dengan kepala PDK Bapak Ruslan, Bapak Firsoni, Bapak Sumardi dan Bapak Saikoni selaku kepala BKP3 kabupaten Malang.