Ditulis pada tanggal 3 Mei 2015, oleh admin, pada kategori Penelitian

Pada hari sabtu (23/4/2015), mahasiswa program studi teknik bioproses jurusan keteknikan pertanian melakukan kunjungan lapang (site visit) ke PT. Energi Agro Nusantara (ENERO) Jl. Gempol Kerep Mojokerto. Kunjungan lapang ke salah pabrik bioetanol terbesar di Jawa Timur ini merupakan pengganti tugas praktikum mata kuliah perubahan biokimia selama proses. Sebanyak 94 mahasiswa yang terbagi menjadi dua kelas tersebut sangat antusias untuk mengikuti segala kegiatan di dalam kunjungan di PT Enero. Kunjungan di pabrik bioetanol tersebut dimulai dengan presentasi dari koordinator produksi tentang profil perusahaan dan proses produksi bioetahnol yang ada di dalam PT. Enero. Kegiatan site visit kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dengan para mahasiswa. Mahasiswa yang sebelumnya penasaran dengan proses pembuatan bioetanol sangat antusias bertanya kepada koordinator bagian produksi. Kegiatan selanjutnya yaitu melihat secara langsung peralatan dan mesin apa saja yang ada di dalam lingkungan pabrik seperti mesin-mesin untuk proses rektifikasi, proses adsorpsi, proses destilasi dan proses evaporasi.

DSC_0653111

Kunjungan Lapang Mahasiswa Teknik Bioproses di PT. Energi Agro Nusantara

Pabrik yang berdiri pada bulan mei 2013 ini merupakan anak perusahaan dari PTPN X. Oleh karena itu bioetahnol yang dihasilkan berasal dari bahan baku utama molasess atau sisa industri pengolahan gula (tetes tebu) diperoleh dari beberapa pabrik gula yang dikelola PTPN X. Secara umum proses proses produksi bioetanol meliputi propagasi (pengembangbiakan yeast), proses fermentasi, proses refinery dan water treatment process. Dengan menggunakan peralatan yang modern dan beberapa tahapan proses, PT Enero bisa menghasilkan Bioetanol fuel grade dengan kadar 99,5%. Kapasitas pabrik yaitu 100 kiloliter per hari atau 30.000 kiloliter per tahunnya. Pabrik yang berdiri di atas lahan sebesar 9,5 hektar ini mempunyai 6 divisi yang mengatur jalannya proses produksi seperi divisi HSE (Healthy, Safety, Environment), Divisi Laboratory dan QC, Divisi Fermentasi, Divisi Refinery, Divisi Utility dan Divisi Waste Water Treatment Process (WWTP).

DSC_0667111

Diharapkan dengan adanya kunjungan lapang ini, maka mahasiswa akan lebih banyak mengetahui dan lebih jelas mengenai proses pembuatan bioetanol dari molasess secara umum dan lebih khusus lagi yaitu dapat mengetahui proses-proses perubahan kimia yang terjadi di dalam produksi bioetanol.